Dreamed up by Sara. Powered by Blogger.

Sudah setahun - so, it's been a year

Monday, September 23, 2013

Haaaaallo semua. Blog pos ini adalah yang pertama aku menulis pake bahasa Indonesia. Jelas ini, ya kan? Kalian semua pasti bisa lihat, bahasaku sudah hancur. Soalnya aku sudah mulai sekolah Amerika dan sudah tinggal di Amerika dua bulan! Aku nggak harus pake bahasa Indonesia lagi!

(Oke, yaaa waktu di Indonesia bahasaku juga kayak ini, aku terlalu malas pake bahasa Indonesia yang baik dan bener. Wkwkwk.)

Aku menulis ini di bahasa Indonesia karena aku belum buat blog pos yang mudah memahami untuk semua teman-teman dan keluargaku di Indonesia. Aku selalu suka pake bahasa Inggris, soalnya aku penulis bagus banget di bahasa Inggris tapi di bahasa Indonesia, yaaa... nggak. Waktu aku masuk sekolah Indonesia dan harus ikut ujian, aku malu bangetttt bahasaku. Semua teman kelasku bisa buat karangan yang enak sekaliii tapi kalo aku mau juga, yang dibuat aku pasti kayak 'HALLO. NAMA SAYA SARA DAN SAYA TIDAK BISA BAHASA INDONESIA. MAAF SEKALI.' Dll...

AHHH ANYWAYS. :') Sekarang, tanggal 23 September, setahun lalu aku barusan tiba di Soekarno-Hatta Bandara Jakarta. Seneng banget aku waktu datang ke Indonesia, lihat semua kakak di AFS untuk pertama kalinya...

Jadi pertukaran pelajar itu mimpiku dari kelas X SMA. Waktu duduk di kelas aku selalu pikir tentang exchangeku. 'Kemana? Gimana makananya di situ? Gimana aku bisa BAYAR semuanya...??'

Waktu aku barusan tau aku akan ke Indonesia sama AFS/YES Abroad, aku nangis sedikit. Emosi-emosi di dalam kepala terlalu banyak: seneng, takut, seneng lagi... Dan pertanyaanku cepet menukar dari 'kemana?' ke 'siapa akan jadi hostfamku? gimana aku sama makanan indonesia? makananya itu pasti pedes ya kan? dan bahasa indonesia, kata-katanya kayak apa? akan aku bisa bicara dengan lancar waktu pulang dari sana?'

Waktu barusan datang (sama Morgan)

Dan mau pulang! (sama Avery)


Di Indonesia hidupku sangat berbeda dan lebih susah. Semuanya dikit lebih susah karena aku nggak terlalu tahu budaya, bahasa dan sejarah Indonesia. Aku sering pusing dan bingung. Kalo ada orang yang cukup berani untuk ngobrol sama aku, aku selalu harus menjawab pertanyaan membosankan: 'dari mana mbak? kenapa di indonesia? kenapa INDONESIA?'

Se. La. Lu.

Tetapi... aku kangen sama hidupku di Indonesia. Mungkin ada hal-hal yang aku nggak akan kangen. "HELLO MISTERRR" yaitu yang pertama. Tapi di Indonesia, aku bebas, dan menarik untuk semua orang-orang. Di Amerika aku blend in aja. Hostfamku juga saaangat enak dan aku mau kembali dan jalan-jalan sekali lagi di Surabaya.


(For all my English-speaking readers: Sorry. I ain't translating this one. Lazy. If you run it through Google Translate it should give you a good idea of what's going on. ;) And sorry for my definitely awful Indonesia. Pasti aku nggak cukup jelas, maaf ya!)

2 comments

  1. bahasanya ok juga. hahaha. teruskan belajar.

    ReplyDelete
  2. Bahasamu masih bagus kok sara. Tetap menulis yaa! :)

    ReplyDelete

 

About me

My photo
I'm Sara, the freckled bule, one out of eight of the coolest people in the world. I spent a year in Indonesia as a KL/YES Abroad student but now I live in Boise, Idaho. Welcome to my bloggity blog.

Followers

Follow by Email